Asam Manis Asinan Rambutan

Selasa, 23 Januari 2018
Siapa sih yang nggak suka Rambutan? Buah yang manis dan segar ini memang tumbuh di daerah yang beriklim tropis. Di dalam buah rambutan terdapat banyak senyawa penting seperti vitamin C, zat besi, fosfor, protein dan karbohidrat, semua zat tersebut dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Buah Rambutan dikenal lezat, manis serta rendah lemak.
buah rambutan terdapat banyak senyawa penting seperti vitamin C, zat besi, fosfor, protein dan karbohidrat, semua zat tersebut dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Buah Rambutan dikenal lezat, manis serta rendah lemak. Sebagian besar kalori rambutan berasal dari karbohidrat.

Read more at tipcaramanfaat.com: Kandungan nutrisi dan manfaat rambutan untuk kesehatan
buah rambutan terdapat banyak senyawa penting seperti vitamin C, zat besi, fosfor, protein dan karbohidrat, semua zat tersebut dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Buah Rambutan dikenal lezat, manis serta rendah lemak. Sebagian besar kalori rambutan berasal dari karbohidrat.

Read more at tipcaramanfaat.com: Kandungan nutrisi dan manfaat rambutan untuk kesehatan

Rambutan sangat kaya akan zat besi, yang diperlukan untuk mengontrol kadar oksigen dalam tubuh. Zat Besi membantu mencegah kelelahan dan pusing yang disebabkan oleh anemia. Selain itu, daging rambutan juga memenuhi 4,3 persen dari kebutuhan fosfor harian untuk tubuh. Fosfor berguna untuk membantu menyaring limbah dari dalam ginjal, serta diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan sel tubuh. Selain itu, rambutan juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, menguatkan gigi dan tulang, serta meningkatkan imunitas tubuh.

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan :
1. Anti Kanker 
Rambutan mengandung antioksidan. Studi yang dilakukan oleh University of Chiang Mai di Thailand menemukan bahwa buah, biji dan kulit rambutan mengandung antioksidan kuat yang disebut flavonoid. Beberapa jenis flavonoid diyakini mampu mengurangi kolesterol, bersifat anti kanker dan anti inflamasi.
2. Melindungi dari efek Radikal Bebas 
Salah satu senyawa dalam kulit rambutan adalah asam Galia. Senyawa ini bertindak sebagai penangkal radikal bebas.
3. Kaya Vitamin C
Jika seseorang mengkonsumsi 10 sampai 12 buah rambutan, maka dia memperoleh 75-90 mg asam askorbat, dua kali lebih banyak dari jumlah yang disarankan dalam menu sehari-hari. Selain berfungsi sebagai anti-oksidan, vitamin C dapat mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi.
4. Pembentukan Darah
Buah rambutan yang manis ini mengandung sejumlah kecil tembaga. Zat ini diperlukan sebagai pembentuk dari sel darah putih dan sel-sel darah merah. Selain itu, rambutan juga mengandung zat besi yang dapat mencegah terjadinya anemia.
5. Pencernaan yang sehat 
Rambutan juga memiliki serat yang dapat membantu agar terhindar dari sembelit. Selain itu, rambutan juga dapat mematikan parasit dalam usus dan membantu meringankan gejala diare

Sekarang kan lagi musim buah Rambutan nihh,,
Yang bosen mengkonsumsi buah rambutan dengan penyajian itu - itu aja, mungkin bisa mencoba penyajian dengan rasa baru. Asinan Rambutan, buat nya pun nggak susah...

Resep Membuat Asinan Rambutan :
Bahan :
Buah rambutan kupas
Garam
Gula pasir
Jeruk Kalamansi (Bisa menggunakan jeruk lain sesuai selera)
Cabai rawit / cabai merah

Cara membuat :
Buang biji rambutan dan iris menjadi dua bagian.
Tambahkan perasan air jeruk kalamansi,garam, gula, dan cabai rawit / cabai merah yang sudah diiris halus.
Tambahkan potongan jeruk sebagai penghias
Diamkan di dalam lemari es minimal selama satu jam.

Catatan :
  • Banyaknya gula, cabai rawit, air jeruk, dan garam bisa dikira-kira. Beberapa orang lebih suka asinan yang cenderung gurih.
  • Ada yang menganggap asinan dengan kuah pedas manis paling pas. Jadi silakan disesuaikan dengan selera masing-masing.
  • Semakin lama didiamkan, asinan akan mengeluarkan air.
  • Jika menginginkan asinan yang berkuah banyak, simpan di dalam lemari es selama semalam.
Nggak susah kan...
Yuk cobain, mumpung harga rambutan masih murah nihh..
Selamat mencoba ^_^

20 komentar on "Asam Manis Asinan Rambutan "
  1. Wah kelihatan seger banget, jadi pengen bikin, hihihi

    BalasHapus
  2. belom pernah nyoba asinan rambutan. nanti pulang kerja mau beli ah, mumpung murah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. seger loh mbak.. Asem manis, asin gitu deh.. hehe

      Hapus
  3. wahhhh aku juga suka ini mbar, enak segerrrrrr banget jadinya. jadi pengin bikin

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau udah bikin, kasih tau ya mbak... hehee

      Hapus
  4. mumpung musim rambutan,, bikin asinan rambutan kayanya passssssssssss

    BalasHapus
  5. Saya termasuk org yg kurang suka rambutan. Bukan berarti ga doyan ya..
    Tp. Blm pernah icip2 klo dijadiin asinan kaya apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain geh mbak.. enak loh.. hehe

      Hapus
  6. Aku juga bikin asinan rambutan, mba. Tapi nggak berhasil ngabisin karena batuk. Hhehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh,, sayang banget mbak.. coba kasih aku aja.. wkwkw

      Hapus
  7. Nanti bilang emak ah,suruh buat kaya beginian....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin sendiri donk kak, mudah kok.. hhihiii

      Hapus

Auto Post Signature