Makanan Yang Tidak Boleh Di Panaskan Ulang

Sabtu, 31 Maret 2018
Sepertinya sudah jadi kebiasaan sebagian orang apabila memiliki makanan berlebih, sayang untung di buang. Solusi nya adalah memanaskan ulang makanan tersebut. Tapi emang makan makanan yang masih hangat itu cukup nikmat. Tapi sepertinya kita harus lebih berhati - hati dengan makanan yang dipanaskan itu, karena nggak semua makanan bisa dipanaskan lho... 

Sebagian makanan memang hanya sekedar kehilangan nutrisi dan gizi yang terkandung di dalamnya. Tapi ada juga makanan yang malah justru membahayakan tubuh jika dikonsumsi setelah dipanaskan. Pasti kalian udah pada tahu kalau sayur bayam jika dipanaskan bisa membahayakan tubuh. Karena bayam mengandung begitu banyak zat besi, mineral, vitamin dan serat yang tinggi  yang jika dipanaskan, kandungan nitrat di dalam bayam akan berubah menjadi nitrit dan bersifat zat karsinogen dan dapat memicu penyakit kanker. 

Dan ternyata sayur bayam mengandung nitrat dengan konsentrasi yang cukup tinggi. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Eufic.Org (The European Food International Council), semakin tinggi nitrat pada bayam, maka semakin tinggi pula bahayanya. Nitrat tersebut dapat diubah menjadi nitrit, lalu ke nitrosamin yang berbahaya bagi tubuh. Nitrosamin terbentuk karena enzim yang hadir dalam bakteri, akan mengubah nitrat menjadi nitrit. Hal ini terjadi, bila bayam dipanaskan, disimpan lebih dari lima jam, dan kemudian dipanaskan lagi. Kondisi asam juga mendukung pembentukan nitrosamin dan nitrit
Serem nggak sih ?!!

Tapi ternyata, nggak cuma bayam yang berbahaya jika dipanaskan. Berikut ini ada beberapa bahan makanan yang  bisa berubah komposisinya jika dipanaskan ulang dan cukup berbahaya :
1. UBI
Ubi merupakan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sebagai pengganti nasi, tapi tahu kah kalian kalau memanaskan makanan ini bisa berbahaya?
Karena ubi mengandung nitrat (NO3), sama seperti bayam yang bisa berubah menjadi nitrit (NO2) jika dipanaskan ulang. Jadi sebaiknya kita nggak memanaskan ulang makanan yang berbahan dasar ubi.


2. NASI
Siapa sih yang nggak doyan nasi?
Orang Indonesia kalau nggak makan nasi, belum termasuk kategori makan berat. Padahal sumber karbohidrat lain nya banyak yaa.. Hahaha
Tapi ternyata nasi salah satu makanan yang cukup berbahaya kalau dipanaskan. Ternyata beras bisa menyebarkan jamur yang dapat menyebabkan makanan menjadi beracun. Setelah dimasak hingga menjadi nasi, jamur itu jadi tidak berbahaya lagi. Tapi, kalau kita membiarkan nasi yang sudah matang dalam suhu ruangan, jamur akan menyebar lagi, sehingga menghasilkan racun yang berbahaya bagi pencernaan. Nah, memanaskan ulang nasi tidak akan mampu menghilangkan racun tersebut.
Menurut penelitian dari Martin Goldberg, ahli mikrobiologi, dijelaskan bahwa memanaskan kembali nasi ternyata nggak terlalu direkomendasikan. Bakteri Bacillus cereus yang ditemukan dalam nasi bisa bertahan selama proses pemasakan. Ketika nasi sudah dingin, spora akan memperbanyak diri dan memproduksi neurotoksin yang bisa membuat sakit terutama pencernaan.

Menurut Food Standards Agency, sebenarnya yang bikin beracun bukan memanaskannya, tetapi cara menyimpan nasi sebelum dipanaskan lagi. Kalau nasi nggak disimpan dengan benar bisa muncul spora bakteri yang nggak akan mati meskipun nasi dipanaskan lagi.
3. AYAM
Sepertinya menu ayam jadi menu terfavorit bagi semua orang, tapi harus hari - hati  ya kalau memanaskan makanan yang satu ini. Ayam nggak jauh berbeda dengan daging, susunan protein dalam ayam juga akan rusak jika dipanaskan berulang-ulang. Kalaupun ingin memanaskan ulang, maka harus mengikuti prosedur khusus. Yaitu, harus menggunakan api kecil dan hanya dalam waktu yang singkat saja. 



Baca Juga : Serba - Serbi Restoran Unik di Dunia

4. KENTANG
Kentang merupakana bahan makanan yang cukup sering kita jumpai. Tapi ternyata kentang yang memiliki kandungan karbohidrat ini juga bisa berbahaya jika dipanaskan ulang. Karena kentang mengandung bakteri langka dan berbahaya bagi tubuh ketika dipanaskan. 
Dari hasil penelitian yang dilaporkan oleh Badan Pengawas Makanan Nasional Swedia dan ilmuwan dari Universitas Stockholm pada tahun 2002, diketahui bahwa pembentukan akrilamida selama proses pengolahan makanan dan terjadi pada berbagai macam bahan makanan akibat pemanasan pada suhu tinggi terutama makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi seperti kentang goreng. Apabila kamu khawatir, kurangi risiko dengan merebus atau memanggang kentang utuh dengan microwave tanpa dikupas dan merendam irisan kentang dalam air sebelum dimasak.
Ternyata serem ya.. Padahal kentang itu makanan favorit banyak orang 


5. DAGING
Daging yang segar dan sehat mengandung banyak protein yang berguna untuk tubuh. Tapi jika makanan berbahan dasar daging dipanaskan ulang, bahkan sampai berulang-ulang, makan susunan protein tersebut akan rusak. Apalagi jika daging dipanaskan ulang hingga berubah warna menjadi kehitaman. Bukan hanya proteinnya yang akan rusak, namun juga akan memicu beberapa penyakit berbahaya seperti kolesterol, darah tinggi, jantung, bahkan kanker.


6. BROKOLI
Sama seperti bayam, brokoli juga termasuk salah satu makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang. Sebab, selain mengandung berbagai vitamin, brokoli juga mengandung banyak nitrat (NO3). Jika brokoli panaskan ulang, nitrat tersebut akan berubah menjadi nitrit (NO2), yang akan berbalik arah menjadi racun dan berpotensi karsinogenik (zat pemicu kanker).


7. JAMUR
Selain sebagai sumber protein, jamur juga kaya akan kandungan mineral, vitamin, asam amino dan anti oksidan. Kalau ingin makan selagi hangat, makanan berbahan dasar jamur sebaiknya segera dimakan sesaat setelah selesai dimasak. Soalnya, kalau dipanaskan ulang, jamur akan berubah komposisi proteinnya, juga mengalami perubahan rasa. Efeknya bukan hanya kehilangan manfaat gizi yang terkandung pada jamur, tapi kita juga potensial terkena gangguan pencernaan.


8. TELUR
Telur merupakan sumber protein yang memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh mulai dari vitamin A, kalsium, Vitamin B6 dan B12, fosfor dan tentunya protein dengan kadar yang tinggi. Namun, ketika telur dimasak pada suhu tinggi untuk kedua kalinya, meskipun hanya bertujuan untuk menghangatkan, hal ini dapat menyebabkan munculnya kandungan racun di dalam telur khususnya bagian kuning telurnya, yang dapat merusak dan mengganggu sistem pencernaan.
9. SELEDRI
Seledri seringkali digunakan pada makanan berkuah sebagai bumbu alami untuk mempertajam rasa makanan tersebut. Seledri mengandung cukup banyak vitamin yang baik untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B4, B5, B6, vitamin C, K dan E yang baik untuk sistem imun manusia, melancarkan aliran darah, menghambat penuaan dan mencegah berbagai macam penyakit. Namun ternyata, makanan yang sehat ini juga bisa menjadi berbahaya jika dipanaskan ulang. sama seperti bayam dan brokoli, seledri juga memiliki kandungan nitrat yang mengubah menjadi nitrit dan bersifat zat karsinogen atau pemicu kanker.

Nahh,, itulah beberapa makanan yang cukup berbahaya jika dipanaskan ulang. Jadi hati - hati ya gengs..
Karena nggak semua makanan bisa dipanaskan. Bisa - bisa malah berbahaya untuk tubuh kita..

68 komentar on "Makanan Yang Tidak Boleh Di Panaskan Ulang"
  1. kalau sayur sih, memang agak susah mempertahakan rasanya setelah dimasak lama mbak. Nah kalau ayam... fira baru tahu kalau harus pake api kecil. Fira pikir yang penting panas saja, hehehe. Makasihtipsnya mbak

    BalasHapus
  2. gak kebayang gimana mau manasin rendang pas mau lebaran nanti. haduhhh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak nya dikit aja kak, jadi langsung abis. hehee

      Hapus
  3. Terima kasih infonya, jadi pelajaran yang sangat berharga buat kita semua. Ternyata dalam makanan yang sehat terdapat juga berbagai macam bahaya bila dipanskan berulang-ulang. Perlu hati-hati ne.

    BalasHapus
  4. Wah parah ternyata ya. Kirain aman-aman aja kalau pun dipanaskan.

    BalasHapus
  5. Kentang dan daging pun tak boleh? Duh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gitu deh,, demi kesehatan juga kan..

      Hapus
  6. Kalo makanan seperti sup, gimana dong? Masa ga boleh dipanaskan kembali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupp,, palagi kalau mengangdung bahan-bahan di atas. hindarin deh yaaa

      Hapus
  7. Emang paling enak makan lauk yang baru selesai dimasak ya, mbak. Bukan hasil angetan & ternyata juga ada yang bahaya. Jadi kudu hati2 banget. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ntan, bener banget. makanan fresh lebih enak dan sehat..

      Hapus
  8. Aku jadi penasaran gimana dengan nasi yang ada di magic com. Apakah berbahaya juga buat tubuh? Jadi bagusnya nyimpen nasi itu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di magic com kan suhu nya nggak berubah mbak. insyaallah aman.. hehe

      Hapus
  9. Baru tau komi kalo ubi ua boleh dipanasin ya

    BalasHapus
  10. Wah banyak juga ya. Harus dihabiskan aja nih kalo makanan. Jangan maskapai banyak ya

    BalasHapus
  11. Kalo nasi, maanasinnya sg cara dibuat nasi goreng, msh berbahaya nggak mbak? Tks infony

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal langsung habis, seperti nya nggak apa kak. karena kalau sudah dingin, bakteri nya itu yg jadi bahaya..

      Hapus
  12. Wah ayam sama daging ini yang cukup sering. Makasih sharingnya mak. Aku jadi lebih paham ini. Mungkin untuk menghindari memanaskan makanan, aku mending masak sekali makan aja kali ya. Biar fresh sekalian. Rempong biar deh, yang penting sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bener banget kak.. Makanan fresh kan lebih enak dan sehat :)

      Hapus
  13. Wah.. Ayam dan daging yang paling sering saya panaskan. Ternyata ada triknya saat memanaskan. Terima kasih infonya mbak 😊

    BalasHapus
  14. Ih kok serem, btw aku sering loh manasin beberapa makanan di atas. Duh baru tahu, makasih infonya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ssiippp,, semoga bermanfaat yaa :)

      Hapus
  15. wah makasih infonya bermanfaat

    BalasHapus
  16. Wew, ternyata banyak juga ya, Mbak. Selama ini saya cuma menghindari memanaskan bayam dan brokoli. ternyata nasi, ayam dan daging pun nggak boleh. Duh, catatan banget,nih. TFS ya, Mbak.

    BalasHapus
  17. Waduh... saya seringkali memanaskan hampir semua makanan yg tersebut di atas😨

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik di hindari mulai sekarang kak.. demi kesehatan.. :)

      Hapus
  18. Waaaah baru tau, suka banget manasin ayam....berarti aku harus goreng seadanya saja sekarang.

    BalasHapus
  19. Telur termasuk yang nggak boleh dipanasin yaa, padahal kadang manasin telur yang disemur...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik masak langsung abis mbak.. hehe

      Hapus
  20. Serem ternyata memanaskan ulang nasi.
    Terimakasih infonya ya, bisa jadi panduan kesehatan buat kita semua.

    BalasHapus
  21. Ooo, baru tahu saya kalau daging termasuk yang tidak baik bila dipanaskan ulang. Makasih banyak ya infonya.

    BalasHapus
  22. Waww aku sering banget manaskan beberapa diantaranya, misalnya kolak ubi karena gak habis dan rasanya belum berubah jadi ya dipanaskan saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih enak kalau makan makanan fresh mbak.. hehe

      Hapus
  23. Baru tau daging ini ga boleh. Padahal sy suka bikin rendang banyak trua masukin kulkas kalau mau makan tinggal panasin. Tyt g bagus y. Huhu. Kalau bbrp yg lain sbnrny udh tau. Makasih sharingnya y. :)

    BalasHapus
  24. Trus gimana dengan nasi goreng ya? Makanan sejuta umat. Itu kan nasi yg dipanaskan lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari magic com langsung, seperti nya nggak apa kak. Kan suhu nya tetap pans. asalkan setelah di masak hrus segera dihabiskan..

      Hapus
  25. Wah, dapat pencerahan banget inih. Trims, Mba. Aku sering banget tuh manasin ayam, jadi ga boleh dengan api besar ternyata ya? Hm, well noted. Thanks again, Mba.

    BalasHapus
  26. Hiks aku masih suka manasin nasi..makasih mba tulisannya bermanfaat buat emak2 macem aku yang nol masalah perdapuran :(

    BalasHapus
  27. Aku tahunya bayam dan sayuran lain yang ga boleh dipanaskan ulang, ternyata banyak juga ya, termasuk si ayam itu,
    Makasih loh Mba sharingnyaa, aku jadi tau deh .

    BalasHapus
  28. Waduh ternyata banyak makanan yg tidak boleh di panaskan. Seram juga ya tanpa sadar kita makan racun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mpo, jadi kita kudu hati-hati..

      Hapus
  29. Eum, selama ini aku sering memanaskan ulang makanan. Jd penasaran jg sih, dampak nyatanya gimana. Misal yg ubi itu. Apakah jd sakit perut apa gmn. Krn so far gk pernah mengalami masalah aoa2. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. takut nya efek jangka panjang mbak.. ehhe

      Hapus
  30. Duh aku selalu manasin nasi mbak, baru tau kalo nggak boleh dipanasin

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan dibiarkan lama dingin mbak :)

      Hapus
  31. Memang bagusnya masak itu untuk sekali makan aja ya. Tapi aku kadang masih suka bablas. Masak sore untuk malam dan besok siangnya. Karena siang enggak banyak orang di rumah.
    Aku kalau manasin pakai dandang, untuk makanan-makanan tertentu aku biarin aja di suhu ruang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, bener banget. tp sebisa mungkin di hindari ya mbak..

      Hapus
  32. Cara menyimpan nasi yg bener gmn mbak? Telur sering jg tuh saya panasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. di magic com nggak apa sih mbak. asal jangan dibiarkan dingin, terus di masak lagi.

      Hapus
  33. Kalau makanan lain aku gak suka manasin ulang,tapi masih suka manasin nasi doang. Ini sebenarnya ingin mengurangi tapi kesannya kalau pagi-pagi gak menghangatkan nasi itu selalu ada yang kurang.

    BalasHapus
  34. Baru tau nih makanan-makanan itu nggak boleh dipanaskan, apalagi nasi, ayam, kentang, itu sering banget saya panaskan :-O

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahh,, harus di kurangin tuh mbak.. hehe

      Hapus
  35. Kalau ayam dan telur selalu goreng sesuai porsi jadi jarang angetin. Kalau nasi yang di magic com gmn ya? :D

    BalasHapus

Auto Post Signature