Tips Masak Cepat dan Praktis Bagi Super Mom

Minggu, 26 Agustus 2018

Menjadi super mom itu kadang lelah, tapi bikin happy. Jadi ga ada tuh kegiatan-kegiatan yang ga bermanfaat buat dilakuin.

Nama nya ngomongin waktu, berasa kurang aja. Maka nya harus bener-bener membagi dan memaksimalkan waktu yang aku punya. Jadi semua nya harus tetap selaras dan seimbang antara waktu untuk keluarga, pekerjaan, hobi dan me time.


Walau dengan kegiatan yang super padat ini,  aku harus tetap memberikan yang terbaik untuk semua nya, Terutama bagi keluarga tercinta. Salah satu cara aku untuk memberikan yang terbaik bagi mereka adalah dengan memberikan asupan makanan yang bergizi dan nikmat ditengah padat nya aktivitas.

Bagi para super moms yang sama-sama memiliki aktivitas yang super padat, tips memasak cepat dan praktis ini bisa digunakan nih..

1. Rencanakan menu makanan untuk per minggu / Bulan
Biasa nya para moms sering kebingungan pas mau masak. Bingung mikirin menu apa yang mau disajikan. Dan ternyata, hal seperti itu sangat menyita waktu kita.
Belum lagi saat kita sudah menemukan menu yang ingin di masak, ternyata bahan nya nggak ada di kulkas. Padahal, sudah nggak ada waktu buat belanja di  pasar atau supermarket. 

Nah untuk mensiasati itu, sebaiknya membuat list menu setiap hari per minggu atau per bulan. Dengan begitu, kita nggak perlu kebingungan lagi dan bisa memaksimalkan waktu. Bahan makanan pun nggak bakalan kekurangan, karena sudah dipersiapkan sebelumnya.

2. Membuat Daftar Belanja

Setelah membuat list menu setiap hari nya, kita tinggal menentukan waktu belanja bahan-bahan dapur. Apakah itu per bulan atau per minggu.
Dengan begitu, berpatokan terhadap list menu tadilah kita bisa mengetahui apa saja yang harus kita belanjakan.

Hal tersebut lebih menghemat waktu dan biaya ketimbang harus belanja setiap hari. Bonus nya, kita juga bisa mengetahui ritme belanjaan kita selama setiap minggu atau setiap bulan.

3. Siapkan Bumbu Dasar

Terdengar sepele sih, tapi ternyata step ini sangat membantu kita untuk memaksimalkan waktu loh..
Siapkan bumbu bubuk yang banyak tersedia di swalayan, atau bumbu giling dan iris yang bisa kita buat sendiri.

Tak perlu menyediakan semua bumbu lengkap, cukup siapkan beberapa bumbu dasar seperti garam, bawah merah, bawang putih, merica(lada) dan cabe. Untuk lebih spesifiknya, mungkin bisa disesuaikan dengan list menu yang telah disiapkan. Seperti, jika moms suka memasak pindang, maka persiapkan bumbu iris seperti kunyit, jahe, lengkuas, cabe dan bawang.

Jadi bumbu yang lebih sering di masak, bisa di stok agak banyak..

4. Cuci dan Potong Sayuran Sebelum Dimasukkan ke Kulkas

Untuk mempersingkat waktu, biasanya aku akan mencuci dan memotong sayuran terlebih dahulu sebelum di masukkan ke kulkas. Tapi sayuran yang akan dimasukkan ke kulkas harus dalam kondisi kering, agar tidak cepat membusuk dan sayuran lebih tahan lama.

Boleh juga untuk membeli beberapa bahan yang memang lebih awet jika disimpan di kulkas, seperti wortel, kentang, labu siam atau lobak.
Jadi, saat kita akan memasak menu tersebut, kita tidak perlu direpotkan lagi dengan menyiangi sayuran yang memakan waktu cukup lama.

5. Masak Dalam Porsi Kecil

Umumnya, banyak moms yang suka memasak dalam porsi besar, dan selanjutnya makanan tersebut akan dipanaskan. Padahal memanaskan makanan bisa merusak nilai gizi yang terkandung didalamnya. Selain itu, memasak dalam porsi besar akan membuang banyak waktu karena proses memasak yang lebih lama.
Dengan memasak dalam porsi kecil, kita bisa lebih menghemat waktu karena makanan akan lebih cepat matang. Dan memasak dalam porsi kecil  akan lebih cepat habis. Jadi makanan yang kita sajikan akan selalu segar dan fresh.

6. Sediakan Makanan Setengah Jadi

Menyediakan makanan setengah jadi, dinilai efektif dalam mempersingkat waktu memasak. Gunakan untuk mengolah protein seperti mengungkep ayam dan daging dengan bumbu. Atau kukus tahu dengan sedikit garam agar lebih awet Sehingga kita tidak perlu waktu lama dalam pengolahan nya. Tinggal goreng aja...

7. Pilih Menu yang Simpel dan Cepat

Yap, untuk lebih meminimalisir waktu, kita juga bisa memilih menu yang lebih cepat dan praktis yang gampang dan mudah matang untuk kita masak. Seperti menu gorengan, menu tumis atau menu berkuah seperti sayur sop, sayur bening atau pindang.

Gimana?
Tips nya bisa di lakukan?
Lumayan loh buat menghemat waktu ditengah padatnya aktivitas.

Tapi, nggak cuma memasak yang perlu tips dan trik supaya lebih praktis dan cepat. Dalam segala hal, kita harus cerdas dan tangkas dalam mengerjakan berbagai hal. Karena nggak cuma soal masak - memasak yang harus moms kerjakan.

Salah satunya adalah pembayaran keperluan rumah tangga, mulai dari pembayaran listrik, telepone, PDAM, dan internet. Kalau bukan moms, siapa lagi yang bakal ngurusin. Mana aktivitas udah  padet banget kan..

Setelah mencari, memilih dan memilah, akhirnya aku menemukan langkah mudah dan praktis dalam melakukan pembayaran keperluan rumah tangga. Makanya aku pilih menggunakan aplikasi mobile Traveloka yang bisa digunakan untuk semua keperluan. Nggak hanya memesan alat transportasi seperti pesawat, kereta api maupun bus, tapi traveloka sekarang juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembayaran rumah tangga juga. Jadi satu aplikasi bisa mencakup semua keperluan kita..

Pembayaran nya pun cepat dan mudah, untuk melakukan pembayaran listrik, cukup login atau sign up ke aplikasi, kemudian pilih tagihan dan isi ulang, dan akhirnya pilih menu listrik PLN. Tinggal masukin nomor meter atau ID pelanggan nya, bayar deh..

Praktis banget kan..
Jadi pembayaran nya bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa memerlukan waktu khusus seperti pergi ke loket ataupun kantor pos.

Yuk jadi moms yang kerja cerdas dan tangkas, biar semua nya bisa tercover dengan baik. 


Post Comment
Posting Komentar

Auto Post Signature