Tips Memilih Minyak Goreng Sehat

Minggu, 19 Agustus 2018
Minyak goreng sehat
Mendengar kata minyak goreng sehat sepertinya sudah tidak asing di telinga kita, apalagi bagi para perempuan yang kesehariannya berkutat di dapur. Ntah itu menu tumis, gulai, atau sekedar oseng-oseng. Apalagi yang namanya menu gorengan, sudah seperti menu favorit sejuta umat. Tapi ternyata ada juga sebagian orang yang bahkan menghindari minyak goreng dalam kesehariannya. Dan beranggapan bahwa minyak goreng sangat berbahaya jika di konsumsi.

Dalam sebuah observasi studi, salah satu yang menyebabkan kegemukan atau obesitas bukan hanya karena minyak goreng. Tetapi karena pola hidup tidak sehat yang terlalu banyak mengkonsumsi lemak. Memang, minyak atau lemak mengandung nilai kalori yang tinggi, dimana per 1 gramnya mengandung 9 kilokalori energi. Sedangkan karbohidrat dan protein hanya menyumbang 4 kilokalori per satu gramnya. 

Minyak goreng memang mengandung lemak, dan lemak memiliki kalori yang tinggi. Namun tubuh tetap membutuhkan lemak untuk membantu tubuh dalam memperoses sistem kerja nya agar lebih baik. Selama dikonsumsi dengan komposisi yang tepat dan tidak berlebihan, tentu tidak akan beresiko buruk bagi tubuh. Dan pastikan minyak goreng yang kita konsumsi adalah minyak goreng yang tepat dan sehat.

Bagaimana cara memilih minyak goreng yang sehat?
Minyak goreng sehat


  1. Bahan Berkualitas
    Pastikan memilih bahan yang berkualitas dan tidak berbahaya bagi tubuh untuk Minyak goreng yang akan kita konsumsi. Jika minyak tersebut dirasa sudah berbau atau berubah karakteristiknya, maka lebih baik tidak dikonsumsi. Hal tersebut dapat dilihat pada komposisi dibagian belakang kemasan minyak goreng yang akan kita konsumsi. 
  2. Warna Yang Bening
    Pilih minyak goreng yang memiliki warna bening dan jernih. Karena minyak goreng yang baik akan terlihat jernih, bening dan memiliki aroma yang khas. Sehingga meminimalkan risiko kanker bagi pengguna nya.
  3. Tidak Mudah Beku 
    Yang menandakan bahwa minyak goreng yang kita konsumsi sehat adalah ditandai dengan  rendahnya kandungan asam lemak jenuh di dalamnya. Hal itu ditandai dengan adanya pembekuan pada minyak goreng. Jika minyak tersebut cepat membeku, itu berarti minyak goreng tersebut mengandung lemak jenuh yang tinggi. Dan hal tersebut tentu bisa membahayakan tubuh penggunanya karena dapat meningkatkan kolesterol jahat yang bisa berisiko buruk bagi tubuh.
  4. Memiliki Karakternya Seperti Air
    Yang dimaksud karakter seperti air yaitu tidak lengket dan mudah mengalir. Dan tentunya hanya sedikit menempel pada makanan. Karena apabila terlalu menyerap pada makanan, dapat menimbulkan resiko obesitas dan penyakit berhabaya lainnya.
  5. Memiliki Titik Didih Yang Tinggi 
    Titik didih disini, saat kita melakukan proses penggorengan, maka minyak akan mendapatkan panas yang tinggi. Apalagi jika dilakukan proses nya secara berulang kali. Pada proses ini lah yang akan mengakibatkan minyak mengalami kerusakan  karena adanya oksidasi. Sehingga akan mengakibatkan warna minyak berubah, makanan menjadi berbau tengik dan jumlah minyak akan lebih banyak terserap ke makanan.
Cerdas Dalam Penggunaan
Salah satu kesalahan cukup fatal dalam menggunaan minyak adalah melakukan proses penggorengan berkali - kali dengan minyak yang sama. Karena proses penggorengan berulang dengan minyak yang sama akan membuat minyak berubah warna, meningkatkan lemak jahat bagi tubuh dan berbau tidak sedap. Tentu minyak goreng seperti itu bukan lah minyak goreng sehat yang layak dikonsumsi. Hal ini sangat tidak dianjurkan. Karena bisa berakibat meningkatnya kolesterol, darah tinggi, serta berbagai penyakit lainnya.
Minyak goreng sehat

Minyak Goreng Sehat
Lemonilo Premium Cooking Oil 1 Liter adalah minyak goreng premium kelapa segar dan di tanam secara organik, sehat dan alami. Diproses secara tradisional dengan sistem pendiaman dan penyaringan dengan tangan dan tanpa penambahan bahan kimia. Berbeda dengan minyak goreng kelapa biasa, minyak goreng premium Lemonilo dibuat tanpa melalui proses pemanasan sehingga nutrisi yang terkandung di dalamanya terjaga secara maksimal. Minyak goreng ini memiliki komposisi 100% Minyak kelapa murni, dengan memiliki kandungan :
  • 50.06% Lauric Acid
  • 22.26% Miristic Acid
  • 7.54% Palmtic Acid
  • 5.11% Caprilic Acid
  • 6.66% Capric Acid
  • 7.23% Strearic Acid 

Kelebihan dari Lemonilo Premium Cooking Oil
  1. Dapat digunakan hingga tiga kali penggorengan karena sifatnya yang tahan panas dan tidak rusak jika dipakai memasak.
  2. Mengandung asam essensial yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, menambah energi, dan mengontrol berat badan.
  3. Mengandung 0% Lemak Trans yang dapat menyebabkan kanker.
  4. Bebas kolesterol.
  5. Mengandung asam laurat (lauric acid) yang mampu membunuh berbagai kuman, virus, dan parasit.
Gunakan minyak goreng Lemonilo ini sebagaimana Anda menggunakan minyak goreng biasa untuk menumis, menggoreng, membuat kue, serta memasak berbagai hidangan.

Berbagai penyakit yang konon katanya bersumber dari minyak goreng sebenarnya tidak benar. Kembali lagi ke - pola gaya hidup sehat yang dijalani masing - masing perorangan dalam menjalani kesehariannya. Salah satu yang harus diterapkan adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur untuk menjaga keseimbangan tubuh. Penggunaan minyak goreng yang tidak berlebih, tidak akan membahayakan tubuh jika dimanfaatkan secara tepat. Bahkan bisa dijadikan sebagai obat dan penetral yang sangat bermanfaat bagi tubuh.
Post Comment
Posting Komentar

Auto Post Signature