Bahan Alternatif Pengganti Santan

Sabtu, 20 Oktober 2018

Siapa sih yang nggak kenal santan. Cairan yang gurih dan nikmat ini hampir disukai semua kalangan masyakat Indonesia. Berbagai olahan makanan pun cocok di padu - padan kan dengan bahan pelengkap makanan ini, mulai dai masakan, kue, minuman dan lain - lain. Santan yang berasal dari perasan daging kelapa ini juga cukup mudah di  dapatkan. Bahkan saat ini sudah banyak beredar santan kemasan instan yang terjual di swalayan. Namun ternyata tidak semua orang bisa mengkonsumsi santan, apalagi jika memiliki suatu pantangan terhadap makanan bersantan. Sangat di sayangkan sekali kan...

Makanan khas Indonesia seperti lontong sayur, rendang, soto dan lain - lain, semua menggunakan santan. Apa jadi nya bila kamu salah seorang yang tidak bisa mengkonsumsi santan??!!

Hilanglah sudah kenikmatan HQQ itu. Tapi nggak perlu khawatir, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati cita rasa makanan yang gurih sebagaimana yang dimiliki oleh santan. Karena ternyata banyak bahan alternatif pengganti santan yang tidak hanya memiliki kemiripan warna, tapi juga rasa dan kekentalannya. Apa saja bahan alternatif pengganti santan itu ?

Susu Kacang
Susu kacang bisa menjadi altenatif pengganti santan, karena rasanya yang sama gurihnya. Ada banyak jenis susu kacang yang bisa dipilih, namun yang memiliki kemiripan dengan santan adalah susu kacang almond. Hindari juga menambahkan gula berlebihan, karena almond sudah mengandung gula alami. Untuk menambahkan kekentalannya,kita juga bisa menambahkan tepung maizena.

Rendam satu cup (240 gram) almond atau mete hambar semalaman, lalu blender dengan air hangat atau susu. Tambahkan kacang jika ingin hasilnya lebih kental. Bahan ini bisa dipakai untuk membuat kari.

Susu Kedelai

Susu kedelai juga bisa menjadi alternatif pengganti santan kelapa loh. Susu kedelai yang mengandung kalori lebih rendah dibandingkan santan ini, tentu lebih sehat juga untuk di konsumsi. Dengan memiliki kandungan yang sangat kaya akan protein, susu kedelai juga memiliki rasa yang gurih.

Susu  Segar

Susu sapi bisa menjadi alternatif pengganti santan kelapa secara alami. Selain lebih sehat dan mudah didapatkan, susu sapi juga memiliki rasa yang krimi seperti santan. Agar lebih nikmat, bisa juga di tambahkan rempah-rempah pilihan dan merebusnya hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.

Susu segar yang berasal dari hewan seperti sapi dan kambing etawa bisa dipakai untuk menggantikan santan. Orang bule lebih suka susu untuk makanan mereka yang creamy seperti cream soup, cream pie, dan lain sebagainya. Susu Segar juga sangat cocok untuk berbagai minuman dan makanan penutup. Susu segar memiliki kandungan laktosa (gula susu) yang cukup tinggi, sehingga buat yang tidak tahan laktosa (lactose intolerant) tidak disarankan menggunakan susu segar. Rata-rata penduduk Indonesia tidak toleran terhadap laktosa.

Yogurt

Yogurt bisa menjadi alternative pengganti santan kelapa yang sehat, kaya vitamin, protein dan mineral serta rendah kalori. Yogurt memiliki konsistensi yang crimy seperti santan kelapa kental sehingga bisa distock untuk bahan pengganti santan kelapa.

Misalnya saja pada kuliner India yang biasa menggunakan yogurt dalam aneka masakannya, sebagai pengganti santan. Gunakan jenis set yogurt yang tawar. Jika memerlukan tekstur yang lebih halus dan tidak terlalu kental, haluskan yogurt dalam blender dengan tambahan sedikit air hangat. Karena cita rasanya yang asam, porsi yogurt yang ditambahkan tentu perlu diperhatikan. Yogurt dapat digunakan untuk masakan kari atau gulai untuk mendapatkan kuah yang bertekstur creamy.


Krim Kental
Bahan ini bisa juga digunakan untuk menggantikan santan. Untuk mendapatkan aroma khas kelapa, bisa campurkan krim kental dengan air kelapa, lalu blender hingga tercampur rata. Bisa juga mencampurkan krim dengan susu cair. Campuran krim ini dapat memberikan tekstur yang creamy layaknya santan untuk masakan, minuman dan kue.
Kemiri
Bumbu dapur yang satu ini pun dapat memberikan tekstur kental dan creamy serta rasa yang gurih pada masakan sebagai pengganti santan. Namun warna putih seperti santan kurang dapat tercapai. Sangrai terlebih dahulu kemiri sebelum dihaluskan. 
Santan memang gurih dan memberikan citarasa tersendiri pada masakan, akan tetapi kandungan lemaknya yang tinggi tentu kurang bagus jika dikonsumsi seseorang yang memiliki masalah kesehatan. Semoga alternative pengganti santan diatas dapat membantu dalam pengolahan bahan tanpa santan, selamat mencoba..
Post Comment
Posting Komentar

Auto Post Signature