Makanan Yang Pantang di Konsumsi dan Harus di Perhatikan, Selain Menyiapkan Biaya Bayi Tabung

Selasa, 02 Oktober 2018

Memiliki buah hati, tentu menjadi dambaan bagi setiap orang tua. Terlepas dari berbagai macam proses yang harus dihadapi. Namun, tidak semua orang tua bisa dengan mudah mendapatkan keturunan. Ada beragam faktor yang dapat menyebabkan hormon tidak berfungsi secara normal. Bayi tabung, adalah salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berbagai hal yang perlu dipersiapkan dalam menjalani program bayi tabung. Salah satu nya adalah Biaya Bayi Tabung yang harus dipersiapkan secara matang. Karena biaya yang diperlukan adalah tidak sedikit. Jadi ketika para orang tua sudah bertekad untuk menjalani program bayi tabung, maka sebaiknya dilakukan dengan total sehingga meminimalisir kegagalan. 

Program Bayi tabung merupakan sebuah metode pengambilan sperma dan sel telur yang dipertemukan di luar organ wanita agar terjadi pembuahan. Setelah matang dan terjadi pembuahan, maka akan dimasukkan kembali ke dalam rahim wanita. Biaya program bayi tabung ini pun memiliki harga yang beragam. Biaya yang harus dipersiapkan pun memiliki banyak pilihan, dan semua itu tergantung dari apa yang akan kita dapatkan, seperti fasilitas, tindakan medis yang dilakukan, serta biaya pengobatan sesuai kondisi kesehatan pasien. Untuk di Indonesia, biaya program bayi tabung berkisar 40 hingag 80 juta rupiah. 

Mengingat prosedur in vitro fertilisation - IVF (Bayi Tabung) yang tergolong panjang dan memakan biaya yang tidak sedikit, tentu para orang tua akan sangat berharap bahwa program ini akan berhasil. Salah satu yang dapat menunjang keberhasilan dalam melaksanakan program bayi tabung adalah dengan cara  mengkonsumsi makanan - makanan yang sehat serta mengandung banyak nilai gizi dan vitamin. Karena keberhasilan program bayi tabung tergantung dari kedua orang tua.


Pastikan makanan yang dikonsumsi sehari - hari memiliki kandungan lemak yang sehat, makanan kaya lemak seperti kacangan-kacangan, biji - bijian, alpukat, dan ikan. 

Namun, tidak semua makanan dapat di konsumsi. Untuk meminimalisir kegagalan dalam program bayi tabung, para orang tua harus memperhatikan asupan-asupan yang akan dikonsumsi. Berikut adalah makanan - makanan yang tidak boleh dimakan selama menjalani program bayi tabung :

Soft Drink
Bayangin minum soft drink dingin di tengah hari yang terik, mak nyeess banget rasa nya kan. Seger banget!!
Tapi kalau kalian adalah calon orang tua yang ingin menjalani program bayi tabung, harap menahan keinginan tersebut. Sebab, soft drink termasuk ke dalam jenis minuman yang dilarang bagi kalian yang sedang menjalankan program hamil. Hal ini dikarenakan soft drink memiliki dampak yang sangat besar, serta dapat menurunkan kesuburan dengan sangat cepat. Selain itu, soft drink juga dipercaya dapat meningkatkan proses peradangan serta perubahan sistem metabolisme tubuh manusia dengan sangat cepat. Nggak heran kalau seseorang yang sering mengonsumsi soda akan merasakan seperti sensasi perut yang panas dan juga terbakar.

Ikan Makarel
Salah satu makanan yang dilarang untuk di konsumsi saat program bayi tabung adalah mengkonsumsi ikan makarel. Ya, karena jenis ikan ini diyakini banyak mengandung senyawa merkuri yang sangat tinggi. Kadar merkuri yang tinggi menyebabkan gangguan kesehatan pada sel telur dan embrio. Kandungan merkuri bisa merusak kesuburan dan membuat hormon yang ada di dalam tubuh menjadi tidak stabil. Apabila setelah mengkonsumsi ikan makarel dan berhasil hamil, maka terdapat kemungkinan bahwa janin yang dilahirkan bisa mengalami cacat lahir sangat besar, sehingga bisa merugikan kesehatan bayi saat lahir.

Kopi
Kamu pecinta kopi ?
Sebaik nya untuk sementara waktu, kamu harus menahan keinginan kamu itu. Sebab, kandungan kafeein yang tinggi pada kopi disinyalir bisa menyebabkan kemandulan pada wanita. Apabila diminum selama proses bayi tabung atau perawatan setelahnya, maka kemungkinan besar proses ini akan mengalami kegagalan. Sebuah penelitian membuktikan jika kopi juga akan merusak sel telur sehat dan menghambat proses bayi tabung.

Coklat
Siapa sih yang nggak suka coklat? Bisa jadi, ini adalah makanan kesukaan semua umat. Tapi, mengkonsumsi coklat saat menjalani proses bayi tabung sangat tidak dianjurkan. Salah satu alasan mengapa coklat tidak dianjurkan untuk di konsumsi ketika menjalani program bayi tabung adalah karena coklat salah satu jenis makanan yang mengandung kafein. Kandungan kafein yang ada di dalam coklat dapat berpotensi besar merusak sel telur agar dapat matang dengan sempurna. Selain itu, kafein akan merusak sistem hormon yang seimbang sehingga cukup sulit mendapatkan kehamilan meskipun dengan bayi tabung. Dampak negatif lainnya, coklat dapat memicu terjadinya diabetes pada wanita saat hamil nantinya

Telur Setengah Matang
Ada banyak manfaat telur bagi ibu hamil yang juga menguntungkan untuk janin, karena telur mengandung sumber protein yang sebenarnya baik bagi kesehatan embrio. Namun, saat menjalani program bayi tabung, mengkonsumsi makanan ini sangat tidak di anjurkan. Sebab, telur mentah atau setengah matang dapat berpotensi mengandung listeria dan salmonella yang dapat menyebabkan keracunan. Kondisi tersebut dapat membuat kondisi tubuh ibu bisa menurun dengan cepat, sehingga berpotensi mengalami kegagalan. Sebaiknya konsumsi telur yang sudah matang dengan sempurna untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan. 

Makanan Kemasan atau Makanan Cepat Saji
Mengkonsumsi makanan kemasan dan cepat saji memang nikmat dan praktis. Tapi bagi orang tua yang akan melakukan program bayi tabung, sebaik nya segera jauh - jauh dari makanan jenis ini. Sebab, junk food mengandung lemak jenuh yang harus sangat dihindari. Lemak jenuh dapat mengakibatkan kegagalan kehamilan, karena lemak jenuh tersebut bisa menghancurkan sel yang berfungsi membentuk sel telur menjadi sempurna. Lemak jenuh pun juga bisa menyebabkan perkembangan embrio menjadi sangat lambat sehingga program bayi tabung bisa mengalami kegagalan. 

Tidak hanya junk food, camilan seperti kentang goreng maupun keripik kemasan juga harap dihindari. Carilah camilan sehat yang bergizi dan kaya vitamin seperti buah - buahan segar. Sebab, kandungan dari zat pengawet, perasa, dan pewarna dalam makanan dapat mengganggu perkembangan hormon di dalam tubuh.


Makanan Yang Di bakar
Makanan yang dibakar memang lebih nikmat, tapi ternyata banyak juga kerugian yang ditimbulkan, terutama bagi orang tua yang sedang menjalani program bayi tabung. Proses memasak yang tidak matang sempurna, memungkinkan makanan tersebut dapat mengandung virus dan bakteri seperti salmonela. Proses memasak seperti ini juga bisa menyebabkan bahan sumber karsinogen lebih banyak, yang menyebabkan gejalan toxoplasma sehingga sang ibu akan mengalami gagal kehamilan ketika menjalani program bayi tabung.

Hindari semua makanan yang di bakar seperti daging, ikan asap, maupun sate. Cobalah untuk mengolah makanan dengan cara lain seperti di kukus. Sebisa mungkin hindari makanan yang penuh lemak dengan cara di goreng.


Itulah beberapa makanan yang harus dihindari ketika akan menjalani program bayi tabung. Hal ini tentu sangat penting agar diperhatikan, karena menjaga asupan makanan yang bergizi dan juga bernutrisi serta menghindari berbagai pantangan makanan untuk program hamil bayi tabung, diharapkan dapat membantu dalam program bayi tabung menjadi berhasil. Biaya bayi tabung yang tinggi, tentu harus kita upayakan agar program ini berhasil dengan di dukung oleh nutrisi yang cukup.

Percuma donk, sudah menyiapkan biaya yang tidak sedikit, tapi harus gagal hanya karena mengkonsumsi makanan yang tidak tepat. Semoga bisa bermanfaat !!
Post Comment
Posting Komentar

Auto Post Signature