Yang udah biasa di dapur, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis bawang yang satu ini. Yap, bernama latin Allium Cepa Linnaeus atau yang lebih kita kenal dengan Bawang Bombai. Ukuran nya yang lebih besar dari jenis bawang yang lain, serta bau dan rasa yang khas, membuat kita dengan cepat dapat mengenalinya.

Tapi kenapa disebut Bawang Bombai ya? Ada yang tau ?

Selidik punya selidik, Bawang Bombai ini awalnya dibawa oleh pedagang dari Kota Bombai India ke Indonesia. Tapi pada tahun 1995 Kota Bombai berubah nama menjadi Mumbai. Tapi, ternyata bawang bombai bukanlah tanaman asli India loh, diperkirakan bawang ini berasal dari Asia Tengah yang beriklim subtropis, dan menyebarlah ke daratan Eropa dan India. Di Benua Amerika sendiri penyebarannya terjadi sekitar pada abad ke-16 bersamaan dengan perburuan rempah - rempah oleh bangsa Eropa ke negara bagian timur.

Well, lalu apa saja manfaat yang ada di Bawang Bombai ??

Ternyata Bawang Bombai memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita loh.. Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan adalah :

  • Memperkuat Imun Tubuh
    Bawang Bombai memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan imunitas.
  • Melancarkan Sistem Pencernaan
    Bawang Bombai juga memiliki banyak serat yang cepat larut, mengkonsumsi secara rutin dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga dapat bekerja dengan baik dalam mengolah makanan yang kita konsumsi.

  • Menyehatkan Kulit dan Rambut serta Mencegah Kanker
    Bawang Bombai juga kaya akan vitamin C yang mempu menangkal radikal bebas, selain dapat menyehatkan kulit dan rambut bawang bombai juga mampu mengatasi radikan bebas yang dipercaya sebagai penyebab terbentuknya sel kanker.

  • Menjaga Tekanan Darah, Jantung
    Bawang Bombai juga sangat bermanfaat bagi penderita Hipertensi, karena mengandung vitamin C dan E yang bermanfaat untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.





Nah, ternyata banyak sekali ya manfaat yang kita dapatkan jika mengkonsumsi Bawang Bombai ini. Tapi gimana dengan yang nggak suka bawang bombai ??

Bawang Bombai biasanya dijadikan pelengkap atau bumbu suatu masakan agar terasa lebih nikmat, namun pasti ada saja yang kurang suka terhadap bawang. Bisa jadi karena rasanya, aroma atau tekstur bawang itu sendiri. Tapi aku mau berbagi resep sedikit nih, karena ini pengalaman pribadi di rumah juga...

Awalnya karena stok bawang bombai kebanyakan di rumah, akhirnya aku ingat dengan snack Onion Ring. Pasti sudah pada tau kan?

Awalnya aku sendiri tidak tau kalau bahan dasar Onion Ring adalah bawang bombai, dalam pikiran ku Onion Ring itu semacam olahan cumi-cumi karena bentuknya mirip ketika cumi-cumi di iris tipis. Hahahaa, kudet banget yaa...

Setelah mengetahui Onion Ring terbuat dari bawang bombai, dan kebetulan stok bawang bombai ada di rumah, langsung eksekusi deh. Pembuatan nya cukup simpel dan mudah, bahan - bahannya juga sangat familiar dan pasti enak, ponakan dan adik ku yang tidak suka bawang, malah jadi suka banget...


ONION RING

Bahan :

Bawang Bombai
Tepung Terigu
Tepung Maizena
Garam
Merica Bubuk
Kunyit Bubuk
Air Es / Air Soda Dingin
Baking Soda

Cara Membuat :

  1. Kupas bawang bombai dari kulit luar yang mengeras dan iris tipis kurang lebih 1 cm. Lalu lepaskan setiap lembar lapisan bawang bombai.
  2. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, merica bubuk, garam, baking soda, dan kunyit bubuk. Kunyit hanya sebagai pewarna agar terlihat lebih berwarna. Boleh juga ditambahkan bubuk cabe dan penyedap rasa sebagai opsional.
  3. Setelah adonan kering sudah merata, baluri setiap ring bawang ke dalam tepung bumbu dan pindahkan ke tempat lain.
  4. Tepung bumbu yang masih tersisa, larutkan dengan air es dan aduk hingga merata. Bisa juga menggunakan air soda dingin untuk hasil lebih maksimal.
  5. Celupkan satu per satu ring bawang ke dalam adonan basah ( larutan tepung ) lalu goreng hingga berwarna kecoklatan dan mengering.

Pertama kali membuat Onion Ring dengan step di atas, langsung jadi dan enak. Fungsi Baking soda agar onion ring terlihat lebih mengembang dan air es untuk membuat agar onion ring tetap renyah. Selamat mencoba...

Tidak ada komentar